Kesehatan

Tanda Gangguan Kesehatan Serius Yang Sering Dianggap Sepele

SEOmangat – Anda sering dapat mengabaikan tanda-tanda masalah kesehatan umum, seperti pusing, sesak napas, atau nyeri dada. Padahal, itu bisa menjadi pertanda kondisi atau penyakit serius.

Saat Anda sakit, tubuh Anda biasanya mengirimkan sinyal tertentu untuk memberi tahu Anda agar segera mencari pertolongan medis. Gejala gangguan kesehatan bisa sangat beragam, mulai dari yang ringan seperti pusing atau sakit kepala, hingga yang cukup parah seperti nyeri dada dan batuk atau muntah darah.

Sementara itu, berbagai kondisi kesehatan yang serius biasanya ditandai dengan gejala berikut.

1. Sesak nafas

Beberapa kondisi dapat menyebabkan sesak napas, mulai dari obesitas, stroke, pembekuan darah, asma hingga infeksi paru-paru. Meski sesak napas merupakan kondisi yang sangat umum, namun perlu diwaspadai jika kondisi ini mengganggu aktivitas sehari-hari.

Menurut Jennifer S. Earvolino, MD, dokter umum di Rush University Medical Center, siapa pun terkadang bisa mengalami rasa sesak dan sesak napas. Namun, kondisi ini bisa menjadi pertanda adanya masalah kesehatan yang serius jika datang secara tiba-tiba dan parah.

2. Sakit kepala yang parah

Sakit kepala yang datang tiba-tiba dan tampak intens dapat mengindikasikan masalah kesehatan yang serius. Gejala ini tidak bisa diabaikan, jadi sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. Ini karena sakit kepala parah dalam hitungan menit atau detik bisa menjadi tanda pecahnya pembuluh darah di otak (aneurisma).

Selain itu, jika sakit kepala Anda disertai dengan leher kaku dan demam tinggi, kondisi ini juga bisa menjadi tanda meningitis. Meningitis adalah infeksi virus atau bakteri pada lapisan otak dan sumsum tulang belakang. Diagnosis dan pengobatan dini dapat mencegah kerusakan saraf permanen.

3. Terdapat darah dalam urin

Tanda lain dari masalah kesehatan adalah darah dalam urin (hematuria). Bila urin berwarna kemerahan, berhati-hatilah karena ini dapat mengindikasikan penyakit batu ginjal. Selain itu, adanya darah dalam urin disertai rasa panas saat buang air kecil bisa menjadi tanda bahwa Anda mengalami infeksi saluran kemih atau ginjal. Pada dasarnya, jangan pernah meremehkan gejala ini karena bisa jadi ada masalah serius dengan ginjal dan saluran kemih Anda.

4. Perubahan kebiasaan buang air besar

Setiap orang memiliki kebiasaan buang air besar yang berbeda-beda. Beberapa orang mungkin buang air besar sekali sehari, tetapi yang lain melakukannya dua kali sehari. Gejala gangguan kesehatan pada saluran cerna dapat dilihat dari perubahan kebiasaan buang air besar. Ini termasuk perubahan frekuensi, tinja berdarah atau hitam, diare atau sembelit. Kondisi ini dapat mengindikasikan adanya infeksi bakteri, virus atau parasit. Kemungkinan penyebab yang lebih serius termasuk sindrom iritasi usus besar (IBS) dan kanker kolorektal.

5. Penurunan berat badan secara tiba-tiba

Jika Anda kelebihan berat badan, Anda mungkin merasa lebih bahagia ketika Anda menurunkan berat badan tanpa usaha ekstra, seperti diet dan olahraga. Namun, penurunan berat badan yang tiba-tiba juga bisa menjadi pertanda masalah kesehatan yang serius.

Dikutip dari Mayo Clinic, Anda harus segera mencari pertolongan medis jika terjadi penurunan berat badan lebih dari 4,5 kg atau 5% dari berat badan Anda dalam 6-12 bulan terakhir. Penurunan berat badan yang drastis dapat disebabkan oleh gangguan tiroid, diabetes, kanker, depresi, penyerapan nutrisi yang buruk (malabsorpsi).

Sumber:

Penyebab anak susah tidur

Tips kesehatan

Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Strabismus

SEOmangat – Mata juling, juga dikenal sebagai strabismus, adalah suatu kondisi di mana posisi kedua mata tidak sejajar, yang mencegah pandangan seseorang tertuju pada suatu objek pada saat yang bersamaan. Satu sisi mata dapat berbelok ke dalam, ke atas, atau ke bawah seolah-olah terganggu dari melihat sisi lain. Dalam banyak kasus, kedua mata akan bergantian ke belakang. Apakah Anda tahu kondisi ini?

Mata juling biasanya terjadi pada orang yang memiliki kontrol otot mata yang buruk atau yang mengalami rabun jauh. Dalam kebanyakan kasus, tidak ada penyebab pasti untuk kondisi mata ini. Mata juling bisa terjadi setiap saat atau hanya pada waktu-waktu tertentu, seperti saat Anda sedang stres, setelah banyak membaca, atau akibat penyakit yang mendasarinya. Selain aktivitas sehari-hari, strabismus yang baru muncul di usia dewasa bisa jadi merupakan tanda awal stroke.

Beberapa orang dilahirkan dengan posisi mata yang tidak sejajar secara alami. Ini disebut strabismus bawaan. Mata juling biasanya berkembang pada bayi dan anak-anak, paling sering sejak usia tiga tahun, tetapi tidak jarang remaja dan orang dewasa mengalami kondisi ini di beberapa titik dalam hidup mereka.

Beberapa mata bayi mungkin terlihat miring, tetapi sebenarnya mereka melihat ke arah yang sama. Kondisi ini dikenal sebagai pseudostrabismus, juga dikenal sebagai mata juling palsu. Terjadinya kondisi ini pada bayi mungkin karena lapisan kulit ekstra yang menutupi sudut mata bagian dalam atau proporsi jembatan hidung bayi yang lebar.

Dalam beberapa kasus, posisi mata yang tidak sejajar merupakan akibat dari gangguan pada sistem saraf, terutama seluruh sistem saraf yang mengontrol otot-otot mata, yang dapat disebabkan oleh tumor atau penyakit genetik.

Namun, jangan meremehkan orang bermata juling. Tentu saja tampilan mata sipit pada bayi akan hilang dengan sendirinya seiring dengan berkembangnya bentuk wajah. namun, jika kondisinya tidak membaik, strabismus dapat berlanjut hingga dewasa jika tidak ditangani. Dokter harus memeriksa semua anak berusia 4 bulan ke atas untuk melihat apakah strabismus tidak berubah sama sekali.

Strabismus yang tidak diobati dapat menyebabkan penglihatan buruk permanen di sisi mata yang terkena. Kondisi ini disebut ambliopia, juga dikenal sebagai mata malas.

Di setiap mata, ada enam otot yang bekerja untuk mengontrol gerakan mata. Otot-otot ini menerima sinyal dari otak yang memberi tahu arah mana bola mata harus bergerak.

Pada mata normal, kedua mata bekerja sama sehingga keduanya menunjuk pada objek yang sama. Ketika ada masalah dengan kontrol gerakan mata, otak akan menerima dua gambar yang berbeda. Pada awalnya, ini akan menciptakan penglihatan ganda dan kebingungan. Ketika ketidaksejajaran mata ini pertama kali terjadi pada masa remaja atau dewasa, orang tersebut mungkin menoleh dengan cara yang tidak biasa untuk melihat ke arah tertentu dan menghindari penglihatan ganda.

Namun, otak anak memiliki isyarat bermata yang cukup untuk mengetahui objek mana yang ada di depan objek lain. Ini terbukti saat menonton film biasa di layar datar, di mana Anda tidak akan kesulitan membedakan struktur tiga dimensi. Seiring waktu, otak Anda akan belajar untuk mengabaikan gambar yang diproyeksikan dari sisi mata yang terbalik dan membuat titik buta di depan satu mata, sehingga Anda hanya akan melihat setiap objek satu kali. Namun, kapasitas adaptasi diri ini akan hilang seiring bertambahnya usia. Jika seseorang telah menyilangkan mata sejak kecil dan tidak segera mendapatkan penanganan, maka kemampuan mata untuk melihat secara tiga dimensi (stereopsis) tidak dapat berkembang.

Jadi, pada kenyataannya, pemilik mata juling tidak mengalami kebingungan atau ketidakmampuan yang nyata kecuali untuk tugas-tugas khusus yang membutuhkan fokus yang lebih besar pada penglihatan.

Mata juling dapat berdampak negatif pada psikologi dan mempengaruhi kepercayaan diri seseorang, karena kondisi ini mengganggu komunikasi normal kontak mata dengan lawan bicara, sehingga sering menyebabkan rasa malu dan tidak nyaman saat berinteraksi dengan orang lain.

Untuk mengobati strabismus, Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter mata. Perawatan non-bedah mungkin direkomendasikan untuk pengobatan tahap awal, untuk memastikan bahwa mata terbalik tidak berkembang menjadi ambliopia (mata malas). Jika kecenderungan ini hadir dalam kondisi Anda, dokter Anda akan meresepkan kacamata khusus untuk “memaksa” mata malas berfungsi (dengan penutup mata atau metode lain) sampai penglihatan mata yang mulus tercapai. Pada kasus strabismus yang disebabkan oleh miopia kronis, kacamata ini dapat mengobati kondisi ini hingga sembuh tanpa harus menjalani operasi otot mata.

Tujuan utama dari terapi penglihatan (termasuk penggunaan kacamata) adalah untuk memastikan bahwa kondisi mata malas menerima pelatihan visual sebelum anak berusia delapan tahun atau lebih, atau sebelum kehilangan penglihatan permanen tidak terjadi. .

Pembedahan untuk memperbaiki strabismus dilakukan untuk memperkuat atau melemahkan efek dari satu atau lebih otot mata. Idealnya, prosedur ini dilakukan di masa kanak-kanak jika anak Anda didiagnosis menderita strabismus. Jika prosedur ini dilakukan sebagai orang dewasa, Anda akan menjalani prosedur di bawah anestesi lokal (mata Anda akan mati rasa, tetapi Anda akan tetap sadar akan lingkungan Anda).

Penguatan otot terdiri dari menghilangkan sebagian kecil dari salah satu ujung saraf dan kemudian meletakkannya kembali di tempat yang sama. Ini akan memperpendek otot mata, yang akan mendorong mata ke samping otot. Relaksasi otot dilakukan untuk menggerakkan otot ke belakang atau membuat sayatan kecil pada otot. Ini akan menyebabkan kelemahan otot, memungkinkan mata juling menjauh dari sisi otot.

Referensi:

Kacamata Ionspec

Berbagai Macam Obat Alami untuk Mengatasi Kutu Air

SEOmangat – Daphnia atau tinea pedis adalah infeksi yang disebabkan oleh jamur dermatofita. Jamur sering ditemukan di tempat-tempat lembab seperti kamar mandi, kolam renang, pancuran, ruang ganti dan fasilitas olahraga lainnya.

Infeksi dapat menyebabkan kulit gatal, pecah-pecah, melepuh, atau mengelupas, menyebabkan kemerahan dan kekeringan di area yang terinfeksi. Belum lagi kondisi tubuh yang terkena daphnia biasanya jelek.

Sejumlah faktor dapat menyebabkan kondisi ini, di antaranya memakai sepatu yang lembap, keringat berlebih di kaki, tidak menjemur kaki hingga kering setelah mandi, dan paparan spora jamur di permukaan yang lembap.

Jika Anda memiliki kutu air, jangan frustrasi. Coba gunakan beberapa obat kutu air alami dan efektif berikut ini:
https://www.teknogoo.com/keuangan/cara-menghilangkan-kutu-dengan-bahan-alami/

  1. Natrium bikarbonat

Taburkan sedikit baking soda di kaki atau kaus kaki Anda sebelum memakai sepatu Anda.

Meskipun soda kue tidak dapat menghilangkan kutu air, soda kue dapat menyerap kelembapan berlebih untuk mencegah jamur tumbuh di kaus kaki Anda.

  1. bawang putih

Obat alami penyakit daphnia selanjutnya adalah bawang putih. Menurut sebuah penelitian, bawang putih memiliki sifat antijamur dan antimikroba.

Dalam uji eksperimental, para peneliti memberikan krim yang mengandung bawang putih kepada 34 peserta di area tubuh yang terinfeksi daphnia selama tujuh hari.

Di akhir penelitian, 24 peserta melaporkan bahwa infeksi kutu air mereka telah membaik.

Cara mengobatinya sederhana, haluskan empat sampai lima siung bawang putih. Kemudian gosokkan pada area yang terkena. Lakukan ini dua kali sehari.

Anda juga dapat menghancurkan beberapa siung bawang putih dan mencampurnya dalam bak air. Kemudian rendam kaki Anda di bak mandi selama 30 menit.

Jangan lupa untuk mengeringkan kaki setelah melakukan dua cara di atas.

  1. Minyak pohon teh

Minyak pohon teh atau tea tree oil dapat digunakan sebagai obat alami untuk daphnia. Ini karena minyak pohon teh memiliki sifat antiseptik, antibakteri dan antijamur.

Dikutip dalam penelitian yang diterbitkan dalam The Australasian Journal of Dermatology, mengoleskan minyak pohon teh setiap hari selama beberapa minggu dapat mengobati gejala daphnia dan infeksi jamur.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, campurkan minyak pohon teh dengan minyak kelapa.

Dosis konsentrasinya adalah 50% minyak pohon teh dan 25% minyak kelapa. Setelah tercampur, oleskan ke area yang terkena dua kali sehari.

  1. Teh hijau

Teh hijau atau teh hijau dapat digunakan sebagai obat alami untuk daphnia karena mengandung polifenol. Zat ini memiliki sifat antijamur.

Jadi, menurut Insider, sebuah uji klinis kecil pada tahun 2013 menyebutkan bahwa merendam kaki dalam air yang mengandung polifenol dapat memperbaiki gejala kutu air yang dialami oleh manula.

Efektivitas teh hijau untuk pengobatan kutu air bisa didapatkan jika cara ini dilakukan secara rutin selama 12 minggu.

  1. tepung jagung

Tepung maizena dapat membantu mengobati kutu air. Tepung ini dapat menjaga daerah yang dihinggapi kutu air tetap kering dan bersih.

Jika kaki tetap kering, jamur akan sulit berkembang biak dan menyebar karena keringat dan kelembapan terkendali.

Untuk mengobati daphnia secara alami dengan bahan ini, taburkan tepung maizena langsung di kaki Anda sebelum memakai kaus kaki atau sepatu.

  1. Bedak tabur atau bedak bayi

Bedak ini dapat digunakan sebagai obat kutu air pada kaki karena dapat menjaga kulit yang terinfeksi tetap kering dan bersih.

Suasana ini membuat jamur sulit berkembang biak dan perlahan mati.

Agar efektif, taburkan bedak pada area yang terinfeksi dalam keadaan kering.

Lakukan ini sebelum mengenakan kaus kaki untuk mencegah kelembapan.

Hubungan antara Stress dengan Kerusakan Gigi

SEOmangat – Banyak hal dalam hidup yang bisa membuat kita stres. Entah itu krisis keuangan akhir bulan, proyek perkantoran, menunggu program ujian skripsi, percintaan dan masalah rumah tangga. Tapi ternyata, selain meningkatkan sakit kepala dan tekanan darah, stres yang parah dari waktu ke waktu bisa menjadi penyebab kehilangan gigi—yakni, gigi yang hilang! Nah bagaimana bisa?

Bagaimana stres dapat menyebabkan kerusakan gigi dan kehilangan gigi?

Stres adalah respons terhadap rangsangan berbahaya. Stres dikaitkan dengan kesehatan yang baik, diperlukan untuk menghadapi tantangan kehidupan sehari-hari.

Terkadang respon ini diperlukan untuk mendorong seseorang melakukan tindakan yang dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Namun, ada kalanya stres terjadi dengan intensitas yang berlebihan. Masalah dimulai ketika respons stres tidak sesuai dengan intensitas tantangan. Stres psikologis dapat menurunkan regulasi respons imun seluler.

Komunikasi antara sistem saraf pusat dan sistem kekebalan terjadi melalui sinyal dua arah dari jaringan kompleks yang menghubungkan sistem saraf, endokrin, dan kekebalan. Stres mengganggu homeostasis jaringan ini, yang pada gilirannya mempengaruhi fungsi kekebalan tubuh.

Stres dapat mengganggu proses komunikasi antara kedua sistem. Akhirnya, ada perubahan fungsi kekebalan tubuh.

Ketika fungsi kekebalan tubuh menurun, bakteri berbahaya di mulut lebih mungkin menyerang gigi dan gusi. Salah satu dampaknya adalah peningkatan risiko penyakit periodontal (penyakit gusi).

Faktanya, penelitian belum menunjukkan hubungan langsung antara stres dan penyakit periodontal, karena cukup sulit untuk mengukur intensitas stres pada objek yang diteliti.

https://www.minamidiamondring.com/2262/cara-menghilangkan-karang-gigi-alami-dengan-cepat.html

Selain itu, ada banyak faktor yang dapat menyebabkan penyakit periodontal dan mempengaruhi tingkat keparahannya.

Namun, penelitian yang lebih baru menunjukkan bahwa stres mungkin menjadi faktor yang dapat memperburuk kondisi penyakit periodontal. Penyakit ini merupakan salah satu penyebab utama tanggalnya gigi pada orang dewasa.

Stres dan penyakit periodontal

Meskipun hubungan definitif belum ditemukan, mekanisme penyakit periodontal yang berhubungan dengan stres disajikan dalam kemungkinan berikut.

  1. Perubahan endokrin

Sistem endokrin adalah kumpulan kelenjar dan organ yang bekerja untuk menghasilkan hormon. Perubahan pada sistem endokrin dapat mempengaruhi respon jaringan mulut terhadap bakteri.

Ketika seseorang terlalu stres, tubuh memproduksi lebih banyak hormon kortisol. Peningkatan hormon kortisol dapat mengganggu fungsi limfosit T dalam melawan bakteri atau virus.

Inilah mengapa Anda lebih rentan terhadap penyakit menular seperti gingivitis, radang gusi yang disebabkan oleh infeksi bakteri.

  1. Perubahan asupan makanan

Stres dapat menyebabkan orang mengadopsi kebiasaan yang tidak sehat, termasuk dalam hal pilihan makanan. Mereka biasanya makan lebih banyak makanan kaya karbohidrat dan gula untuk mengalihkan diri dari stres.

Padahal jenis makanan ini lebih mudah menempel di gigi. Jika kebiasaan ini tidak dibarengi dengan menjaga kebersihan gigi, plak akan menumpuk dan menimbulkan masalah pada gigi dan gusi di kemudian hari.

  1. Merokok

Kebiasaan lain yang sering juga menjadi pelarian seseorang dari stres yang dialaminya adalah merokok. Nikotin yang terkandung dalam rokok dapat menyebabkan vasokonstriksi.

Vasokonstriksi adalah proses penyempitan pembuluh darah yang terjadi karena adanya rangsangan tertentu. Dalam hal ini, penyebabnya mungkin pelepasan adrenalin dan noradrenalin.

Kondisi ini menyebabkan aliran nutrisi ke jaringan gusi melalui pembuluh darah menjadi terhambat. Selain itu, fungsi neutrofil di mulut juga terganggu untuk melawan infeksi.

  1. Kebiasaan menggemeretakkan gigi

Kebanyakan orang tanpa sadar mengatupkan rahangnya karena hati mereka sakit karena stres yang berkepanjangan. Banyak orang lain juga dapat menggertakkan gigi mereka pada saat yang bersamaan.

Kebiasaan ini disebut bruxism. Jika dilakukan terus menerus, penggerindaan gigi yang kuat akan menyebabkan gigi geraham menjadi aus, melonggarkan gigi dari kantong gusi dan merusak tulang penyangga.

Efek menggemeretakkan gigi bukan hanya gigi yang rontok. Jika kebiasaan ini terus berlanjut, rahang Anda akhirnya akan menderita sindrom TMJ. Sindrom TMJ adalah gangguan pada sendi temporomandibular rahang yang menyebabkan rasa sakit yang luar biasa, yang dapat menjalar ke wajah dan telinga.